Punya mobil baru, tentu hal yang sangata menyenangkan apalagi kalau di beli dengan cash, lebih menyenangkan lagi karena tidak terbebani oleh beban kredit. Emanga ada ya orang beli mobiil dengan cash, tentu ada apalagi sekarang sedang tren ya orang sudah mulai berhijrah menjauhi riba agar kehidupannya makkin berkah. Ketika mempunyai mobil baru tentu kita juga akann sangat hati-hati dalam menggunakannya atau melakukan perawatannya.

Kita juga hanya memerlukan Alat-alat pendukungnya juga terbilang cukup sederhana, tidak selalu untuk medapatkan hasil terbaik, sobat juga harus mengeluarkan budget banyak. Tetapi justru dengan perawatan-perawatan kecil ini, anda bisa meminimalisir biaya mahal yang diakibatkan jika sobat teledor atau lupa tidak merawat mobil, atau bahkan sampai dibiarkan begitu saja, tentunya hal itu akan membuat sebuah mobil apalagi yang baru, menjadikannya terkesan sebagai mobil kotor bahkan dalam efek samping lebih parah, membuat performa menjadi berkurang.

 

Tips perawatan ini cukup dilakukan satu minggu atau bisa jadi 2 minggu sekali, ketika waktu luang tiba, seperti hari libur kantor mungkin, dan buat yang berkeluarga bisa atur waktunya sendiri dengan keadaan, pokoknya cara merawat mobil yang kami berikan tidak harus melulu dilakukan setiap hari.

 

  1. Merawat Mobil Dari Jamur Pada Kaca dan Body Mobil

Menghindarkan mobil dari jamur yang biasa hadir di kaca maupun cat body, karena bila jamur sampai menempel atau melekat erat pada kedua bagian tadi, tentunya akan mengurangi kesan bersih pada sebuah mobil, bisa dibilang tampilan mobil anda seperti mobil bekas tanpa perawatan. Santai, untuk menghindarkannya, cukup mudah ko. Anda hanya perlu hindarkan mobil dari lembab yang biasanya terjadi ketika mobil basah terkena hujan lalu panas, sebaiknya bila terjadi demikian langsung saja bersihkan dengan lap kering. Lalu hindarkan pemakain mantel mobil, karena dengan pemakaian mantel dikala hujan, justru akan memancing jamur itu datang dan hinggap di mobil.

 

  1. Mencuci Mobil Setiap Kali Kotor

Jika mobil kita terlihat berlapis debu, maka segeralah dicuci,karena jika terlalu lama dibiarkan membuat body atau kaca buram dan menjadi sarang tumbuhnya jamur.

 

  1. Menghindarkan Mobil Dari Paparan Cahaya Terik Matahari

Ketika kita memilih tempat parkir sudah selayaknya ktika panas tiba di sing hari, ada baiknya jika sobat mengalihkan mobil pada posisi yang redum, misal saja kalau tidak ada ruang tertutup, sobat bisa taruh mobil di bawah pohon mungkin, atau ditempat lain asalkan tidak terkena paparan cahaya terik matahari secara langsung. karena efek dari hal yang satu ini akan sangat buruk bagi mobil baru anda, tidak hanya membuat kondisi dalam mobil menjadi panas, tetapi akan membuat cat mobil cepat kusam. Maka dari itu, sebaiknya anda jalanin cara merawat mobil ketiga ini secara teratur, jika tidak mau terkena dampaknya dalam waktu cepat.

 

  1. Mersihkan Interior Mobil Secara Rutin

Cara cukup mudah untuk melakukan perawatan interior adalah, sediakan lap bersih dan halus plus produk pembersih. Tapi jangan langsung maen semprot aja ya, sebaiknya pembersih disemprotkan terhadap lap terlebih dahulu, pasalnya jika secara langsung, takut terjadi hal yang mengganggu kelistrikan, apalagi pada mobil-mobil yang penuh dengan perangkat pendukung elektronik. Sehabis itu, barulah anda lapkan kain yang telah disemprot tadi ke setiap bagian interior mobil, mulai dari bagian dashboard, doortrim, dan seluruh bagian yang dianggap kotor. Dengan catatatn, yang anda bersihkan berbahan karet maupun plastik, bukan bahan kain berbulu

 

  1. Bersihkan Debu Didalam Mobil dan Bersihkan Karpet

Manfaatkan vaccum cleaner untuk menyedot debu yang biasanya menyelinap diatara sela-sela bagian mobil, dibawah kolong tempat duduk dan bagasi. Tidak ketingalan, jika terdapat karpet mobil, entah itu terbuat dari bahan kain maupun karet, sebaiknya diangkat keluar lalu di cuci hingga bersih menggunakan sabun ataupun pembersih khusus, lalu jemurlah hingga kering sampai tidak ada air yang tersisa. Dengan perawatan interior, bukan hanya memberikan kesan bersih saja, tetapi secara tidak langsung, cara merawat mobil baru ini akan membuat sirkulasi udara didalam mobil jauh lebih bersih dan sehat dibanding dengan yang tidak pernah dibersihkan.

 

  1. Merawat Bagian Mesin Mobil

Seringkali bagian mesin sering dikesampingkan oleh para pemiliknya. Selain karena jarang dijangkau kalau tidak rusak, mesin seringkali dihindarkan karena efek panas setelah pemakaian. Namun ada baiknya jika sobat bersihkan bagian mesin mobil dari berbagai debu yang ada didalmnya dengan air bersih dengan sikat maupun lap yang sebelumnya di beri cairan pembersih, atau bisa juga sobat gunakan produk engine degreaser yang bisa sobat temui dipasaran, yang bisa didapatkan dengan harga bervariasi. Oiya, sebelum dibersihkan, cek terlebih dahulu bagian mesin jangan sampai ada yang yang terbuka ataupun terkelupas.

 

  1. Bersihkan Kolong Spatbor dan Mesin

Spatbor bisa bersihkan sendiri dengan menggunakan air bersih dirumah, kain dan cairan pembersih, untuk merawat bagian kolong spatbor dari debu maupun kotoran lain, yang biasanya si diakibatkan pemakaian setelah hujan. Sedangkan untuk bersihkan kolong mesin, sobat tentunya akan merasakan cukup sulit, karena selain tidak didukung dengan peralatan yang memadai, sebaiknya anda bersihkan bagian ini di tempat cuci mobil, agar bisa dijangkau hingga bagian-bagian sempit dibawah mobil. Tujuan cara merawat mobi baru ini, tidak lain dan tidak bukan untuk menjaga bagian mobil yang sekaligus sebagai penopang tubuh, dari bahaya korosi.

 

  1. Mengganti Oli Secara Teratur

Mengganti oli secara teratur, tidak bisa ditolerir, baik mobil baru maupun lawas, pastinya harus rajin-rajin melakukan pergantian oli. Tidak terkecuali bagi mobil yang jarang dipakai, semua harus rajin ganti oli sesuai dengan prosedur atau paling lama selama 6 bulan sekali. Dikarenakan oli yang terlalu lama didalam mobil biasanya akan mengalami pengendapan yang menjadikan bagian paling inti atau jeroan mesin terdapat noda. Dan dari noda bandel inilah, yang akan membuat performa mobil menjadi tidak prima jika sobat mengabaikan cara merawat mobil yang satu ini.

 

  1. Pakailah BBM yang Sesuai

Isilah bahan bakar di stasiun bahan bakar yang resmi, jangan yang di emperan atau diluar yang resmi. Dan kalu bisa, pilihlah bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi. Kalau yang sandardt mobilnya menggunakan bbm jenis bensin, sebaiknya isilah dengan pertamax. Bukan hanya menguntungkan sobat sendiri dengan menjadikan mesin tetap memiliki performa yang prima, tetapi juga membantu program poemerintah dalam membantu pengurangan pemakaian BBM bersubsidi. Karena BBM bersubsidi diciptakan bagi orang-orang yang tidak mampu.

 

  1. Melakukan perawatan secara berkala

Mobil karena waktu dan pemakaiannya walaupun masih terasa nyaman tetapi ada beberapa jadwal yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan. Seperti tune up, harus dilakukan secara rutin, untuk menjaga performa mesin tetap standard dan ini akan berpengaruh juga dengan komponen mobil yang lain.

 

  1. menggunakan Mobil Sewajarnya dan Jangan Berlebihan

Gunakanlah mobil sewajarnya, misal saja gunakan transmisi sesuai dengan kecepatan, bila berada pada kecepatan rendah gunakan gigi rendah, dan jika sobat menghendaki kecepatan tinggi juga pakailah posisi gigi kecepatan tinggi. Lalu jauhilah pengereman secara mendadak, karena dapat merusak kampas rem dan dapat menimbulkan kerusakan lain yang akan membuat mobil menjadi tidak bisa berjalan stabil di jalan raya sewaktu digunakan.

 

  1. Mengganti radiator

Air radiator karena pemakaiannya juga perlu diganti secara rutin, karena jika tidak air radiator yang kerung bisa membuat kerakk di lubang-lubang pendingin mesin, dan ini akan berefek pada sirkulasi air pendingin yang kurang lancar. Gunakannnlah air pendingin radiator dari air mineral, jangan sembarangan menggunakan air radiator dari air yang kotor karena akan menimbulkan penyumbatan.

 

Kemudian, dalam meningkatkan kecepatan mobil, ada baiknya dilakukan secara halus dan jangan secara mendadak, karena bisa merusak komponen maupun part yang ada didalam mesin, sebut saja piston ataupun busi yang akan mudah mati ketika mengalami peningkatan tenaga secara mendadak. Lalu ceklah air radiator dan aki mobil bagi yang menggunakan jenis basah secara berkala, agar tetap pada batas-batas yang semestiya, kalau kurang bisa ditambah, dan intinya jangan terlalu berlebihan ketika berkendara jika sobat menginginkan mobil tetap terawat dan berada pada kondisi prima.

 

Anda akan merasakan nyaman setiap saat, tidak hanya sewaktu baru membelinya saja terasa nyaman, namun sesudahnya juga tetaplah terasa nyaman. dan semoga tips & Cara Merawat Mobil Baru diatas bermanfaat bagi sobat yang menginginkan mobilnya selalu tampil prima.

 

 

Boleh Komen , Boleh Tanya - tanya

comments