Sahabat Jawara tracker, musim hujan ini membuat kita harus ekstra dalam merawat mobil kita. Apalagi menyangkut kaca depan mobil, karena ini sangat vital. Apalagi jika mengendarai mobil diwaktu malam dan dalam kaadaan hujan, kaca mobil yang buram akan sangat mengganggu pandangan ke depan. Kali ini Jawara Tracker akan berbagi tips agar kaca depan mobil kamu tetap kinclong, selamat menikmati.
Kaca depan mobil merupakan salah satu bagian mobil yang cukup vital, berfungsi untuk melindungi orang yang ada di dalam mobil dari berbagai hal seperti debu, hujan, panas, dan lain-lain. Kaca depan mobil yang bersih, maka penglihatan ke depan akan jelas, namun ketika perubahan terjadi pada kaca mobil bagian depan seperti timbulnya jamur kaca atau kerak debu yang menempel pada kaca tentu akan menghalangi pandangan ke arah depan dan tentu hal ini menyebabkan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam berkendara akan terganggu. Jamur pada kaca depan mobil ini akan terlihat jelas ketika mendapat siraman air dari wiper atau pun dari air hujan dan bertambah berat tingkat keamanan dan keselamatannya ketika hujan dan adanya sorotan cahaya yang berasal dari mobil lainnya di depan serta pada malam hari. Oleh karena itu perawatan kaca depan mobil perlu dilakukan sehingga ketika hujan turun kerak debu atau jamur yang melekat di kaca depan tidak menghalangi pandangan ke depan sehingga tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara akan semakin baik
Kaca mobil depan mobil yang buram atau kabur ini dapat disebabkan oleh debu-debu yang menempel dan kemudian melekat pada bagian kaca dan tidak dapat hilang atau bersih ketika dibersihkan dengan siraman dan sapuan wiper. Jamur ini akan terus melekat sampai adanya proses pembersihan yang dilakukan. Di saat perjalanan sewaktu hujan turun terutama di malam hari dan lalu lintas yang datang dari arah depan pun begitu banyak, maka pandangan ke depan tentu menyilaukan selain itu pandangan ke depan akan semakin tidak jelas karena jamur/debu ini akan semakin terlihat jelas dan menghalangi pandangan terhadap obyek yang ada di depan di saat hujan, hal ini tentu akan mengganngu tingkat kenyamanan dan yang lebih utama lagi adalah terganggunya tingkat keamanan.

Mengesalkan bila bercak bercak air hujan membandel menempel di kaca mobil kita sisa hujan semalam. Dan sulit sekali dibersihkan. Dan tentu saja, bila dibiarkan terlalu lama bisa merusak kaca mobil (berjamur dan seperti berkarat) dan mengganggu pemandangan. Cara membersihkannya sebetulnya cukup mudah hanya diperlukan sedikit usaha, berikut langkah-langkahnya :

Baca juga: Cara mudah agar rem mobil kamu tetap pakem

Pasta Gigi

Yang paling mudah adalah dengan menggunakan pasta gigi, Pasta gigi yang saya pergunakan biasanya adalah pasta gigi berwarna putih dan Lap dari kain katun (bukan lap microfiber) bisa dari baju bekas, alasannya karena kain katun memiliki tekstur agak keras untuk mengangkat bercak-bercak di kaca. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Basahi permukaan kaca dengan Air dan bersihkan. Jangan sampai ada debu / kotoran di permukaan yang akan dibersihkan.

2. Basahi Lap, tapi jangan terlalu basah.

3. Keluarkan pasta gigi ke lap.

4. Gosok secara memutar dengan sedikit di tekan berulang-ulang.

5. Bersihkan dengan air.

6. Keringkan area yang di cuci dengan lap kering.

Ulangi langkah diatas untuk mendapatkan hasil maksimal. Anda pun akan melihat permukaan kaca menjadi jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Air Soda

Ternyata Air soda yang sering kita minum dicampur susu kental manis pun dapat dipergunakan untuk membersihkan bercak pada kaca mobil.Caranya pun mudah, dapat menggunakan kain lap.

1. Lap yang akan dipergunakan harus kering.

2. Basahi dengan air soda.

3. Lap pada bagian yang ingin dibersihkan.

Namun penggunaan Air Soda ini harus lebih hati-hati karena kandungan soda bisa merusak cat mobil, segera bersihkan bila air soda mengenai cat mobil.

Zat Kimia

Zat kimia untuk melenyapkan bercak di mobil banyak sekali varian nya, bila Anda mengunjungi Ace Hardware, anda akan bingung memilihnya. Namun, sebelum Anda mencobanya pada area yang besar, coba dulu pada sebagian kecil dan lihat hasilnya. Jangan sampai kaca mobil Anda rusak karena salah penggunaan atau ketidakcocokan.

Selamat mencoba ya sahabat Jawara Tracker

 

Sumber : iniunic.blogspot.com

Boleh Komen , Boleh Tanya - tanya

comments