Jawara gps tracker adalah tools atau alat bantu anda dalam memanage armada anda , web dan sarana control kami sediakan, tapi jangan terlalu focus dengan masalah teknis, pulsa habis, gps bermasalah, gps tracker rusak, sumber daya manusia kurang dll, sampaikan keluhan anda kepada kami 1×24 jam kami akan mencoba menyelesaikannya sehingga anda bisa focus membesarkan bisnis anda ada banyak penjual gps tracker yang ada tapi tidak banyak yang memahami anda dan bisnis anda

Lakukan hal ini agar AC mobil kita awet

AC pada mobil kita mempunyai peranan yang sangat penting bagi kita, bisa dibayangkan jika kita berkendara tanpa AC, udara di dalam mobil yang panas, polusi asap kenalpot, polusi debu dan lain-lain. Hal itu akan sangat merepotkan kita, dan membuat berkendara kita tidak nyaman.  (Air Conditioner) merupakan salah satu bagian penting pada interior mobil. Penting karena mempunyai beberapa fungsi. Salahs atunya menyejukkan suasana atau ruangan di dalam mobil. Karena itu AC mobil tidak dingin adalah musuh skemua pengendara mobil.

Kerusakan pada  AC mobil kerap terjadi tanpa kita sadari, tiba-tiba saja tidak dingin hanya keluar angin. Ini sangat mengganggu kita,apalagi ketika kita terjebak macet atau berada pada cuaca yang panas, pasti keberadaan AC di dalam mobil mutlak diperlukan. Oleh karena itu AC mobil tidak dingin saat macet bisa dihindari.

kemudian fungsi AC mobil lainnya yang tak kalah penting selain memberi udara sejuk adalah membuat kaca mobil tidak terkabut yang biasanya terjadi saat hujan. AC mobil kurang dingin bisa menimbulkan embun tipis dikaca mobil. Sehingga akan memberi pandangan yang jelas khususnya bagi si pengemudi. Ini juga kita tidak harapkan karena sangat membahayakan perjalanan.

Karena peranannya yang sangat penting baik malam maupun siang hari. maka AC harus selalu dirawat agar awet dan bisa berfungsi secara normal. Jangan sampai AC mobil tidak dingin di siang hari terjadi. Padahal saat-saat panas seperti itulah AC mobil sangat diperlukan.

Berikut hal-hal yang wajib kita lakukan agar AC mobil kita awet

  1. Menjaga kebersihan kabin mobil

Kabin mobil yang kotor akan membuat saluran udara AC pada dashboard juga akan ikut kotor, ini akan menghambat  keluarnya udara AC mobil kita. Menjaga kebersihan kabin dengan rutin vakuum adalah cara terbaik untuk menjaga agar AC mobil kita bekerja secara maksimal.

  1. Jangan menaruh pengharum ruangan mobil pada saluran udara AC mobil kita

Pengharum ruangan mobil mengandung minyak, jika itu di letakkan di dekat lubang AC akan membuat minyak itu menempel pada evapurator, sehingga akan menghalangi udara dingin AC.

  1. Hidupkan AC mobil ketika RPM rendah

Kita juga sebaiknya menghidupkan AC mobil adalah ketika berada pada posisi putaran RPM mesin rendah. Yaitu ketika pedal gas tidak berada dalam posisi keinjak. Supaya komponen-komponen seperti pressure plate dan pulley tidak cepat aus. Karena kalau aus dapat mengakibatkan temperatur AC menjadi tidak dingin lagi.

  1. Hindari menghidupkan AC setelah mobil melaju

Setelah mobil mulai melaju atau berjalan, tingkat RPM (Rotation Per Minute) akan mencapai putaran tinggi. Di saat putaran tinggi inilah banyak orang-orang yang menghidupkan AC mobil mereka, dengan kata lain mereka menghidupkan AC mobil setelah atau saat mobil melaju.

Hal tersebut sebaiknya harus kita hindari, karna akan berakibat buruk pada kinerja AC mobil. Kenapa bisa begitu? Mari kita bahas secara rinci.

RPM mesin mobil kita akan menuju ke putaran yang tinggi tepat ketika mobil kita sudah melaju dengan posisi kita menginjak pedal gas. Ketika putaran RPM mesin mobil tinggi, komponen yang bernama pulley juga menghasilkan kecepatan putaran yang juga sama tingginya.

Apa itu pulley? Pulley adalah sebuah komponen yang terdapat pada mobil kita. Pulley selalu berputar ketika mesin mobil hidup atau nyala.

Terus apa dong hubungannya antara itu semua dengan kinerja AC? Jika AC dihidupkan saat RPM mesin tinggi dan pulley juga putarannya tinggi, akan terjadi gesekan antara pressure plate dengan pulley. Gesekan yang berulang kali dan dalam waktu lama akan membuat kedua komponen yaitu pressure plate dan pulley akan cepat aus.

Kedua komponen yang aus tersebut mengakibatkan kurang maksimalnya kinerja putaran mesin yang fungsinya memberikan tenaga pada kompresor. Lalu, tenaga yang dihasilkan oleh kompresor tersebut digunakan untuk menekan Freon yang kemudian diubah jadi udara dingin.

Akibat-akibat yang akan terjadi pada AC dan komponen lainnya antara lain:

AC menjadi tidak dingin lagi.

Terdengar suara berisik ketika AC dihidupkan. Suara berisik tersebut ditimbulkan oleh gesekan antara pressure plate dengan pulley.

Komponen lain pada mesin akan mengalami kerusakan

Jagalah suhu AC di Mobil

Setelah mobil diparkir di bawah panas terik sinar matahari, memang disarankan untuk menghidupkan AC pada suhu maskimal agar suhu panas di kabin mobil cepat hilang. Tapi sebaliknya tidak disaranin untuk meghidupkan AC mobil pada temperatur dingin maksimal dalam waktu yang lama. Artinya kita boleh mengatur suhu maksimal AC dengan catatan tidak boleh terlalu lama.

Jika kita mengatur suhu maksimal AC yakni pada kisaran sampai 16 derajar terlalu lama atau sering, dikhawatirkan usia pemakaian AC mobil akan cepat habis dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi.

Sebaiknya kita menjaga suhu AC pada mobil pada suhu standar sekitar 24-26 derajat. Sesuaikan dengan keadaan dan temperatur yang kita butuhkan. Dengan menjaga suhu AC mobil dalam suhu standar akan memberi usia pemakaian yang panjang bagi kinerja AC  pada mobil kita.

  1. Matikanlah AC sebelum mematikan mesin mobil

Selalu pastikan bahwa kita harus mematikan AC terlebih dahulu ketimbang mematikan mesin mobil. Karena jika kita lupa mematikan AC sampai pada waktunya mesin mau dihidupkan akan terjadi hentakan yang lebih besar pada kopling. Itu jelas akan berpengaruh pada keawetan AC mobil kita.

  1. Lakukan service rutin secara berkala

Untuk menjaga keawetan atau masa pakai AC mobil kita, luangkan waktu kita untuk memeriksa mobil kita khususnya AC secara berkala maksimal 6 bulan sekali. Kita bisa memeriksanya sendiri dengan cara merasakan hembusan aliran udara yang dikeluarkan AC apakah masih terasa dingin atau tidak, mendengarkan suara masih halus apa tidak.

Memeriksa kebocoran saluran-saluran Ac dan sambungan-sambungan juga sangat perlu dilakukan.

  1. Lakukan pengecekan rutin terhadap tekanan Freon AC

Memelihara tekanan pendingin akan mencegah selang dari AC mobil mengalami pengerasan dan kerusakan. Sangat disarankan buat kita untuk menyalakan AC mobil pada suhu paling dingin dan pada putaran kipas tercepat selama kurang lebih 20 menit. Kita bisa melakukan ini pada waktu sebulan sekali.

Itulah hal-hal yang harus kita lakukan untuk merawat AC mobil kita supaya awet. Meskipun tidak sedikit usaha yang harus kita lakukan,tapi demi memperpanjang umur masa pakai AC pada mobil kita usaha-usaha tersebut tidak akan sia-sia.

Pada akhirnya AC mobil kurang dingin bisa dihindari dengan perawatan rutin. Juga menghindari kebiasaan buruk yang sudah disebutkan diatas ya.

Semoga bermanfaat

Boleh Komen , Boleh Tanya - tanya

comments