Sahabat jawara Tracker punya mobil matic, mobil matic atau otomatis memang mempunyai tempat tersendiri untuk calon konsumen atau pemilik kendaraan khususnya konsumen wanita, apalagi jika pengguna di kota-kota besar seperti jakarta, bekasi dll yang akrab setiap hari dengan kemacetan. Sistem berkendara yang lebih nyaman dan lebih mudah hal tersebut yang menjadi alasan untuk pengguna mobil matic. Terlebih untuk para pengemudi wanita dan juga untuk pada kondisi jalanan yang padat dan rentan macet.

Tapi untuk beberapa orang transmisi mobil matic dianggap rentan rewel serta cukup merepotkan untuk masalah perawatannya. Hal tersebut dikarenakan transmisi matic atau otomatis tersebut memang sudah mengusung sistem elektronik. Dan sangat jauh berbeda dengan jenis transmisi manual yang masih memakai sistem analog untuk cara kerjanya.

Padahal, bila dilakukan dengan benar, jenis mobil transmisi otomatis atau matic juga awet serta tetap terjaga performanya. Caranya ialah dengan melakukan perawatan berkala serta telah mengetahui gejala – gejala yang sering menjadi penanda bila transmisi matic pada mobil bermasalah.

Karena dengan cara ini, kita bisa meminimalisir kerusakan pada mobil sebelum menjadi lebih parah lagi. Berikut ini adalah ciri atau gejala kerusakan atau adanya masalah pada transmisi matic.

Kampas kopling merupakan salah satu komponen yang cukup berpengaruh dalam sistem transmisi mobil matic , sehingga sebagai pemilik kendaraan pentingnya untuk selalu mengecek kondisi Komponen kopling mobil, terutama usia penggunaan kampas kopling mobil. Kampas kopling yang sudah tipis tentu akan membahayakan ketika mobil dikendarai, untuk itu segera ganti kampas kopling mobil jika sudah mulai terlihat ciri ciri kampas kopling mobil habis. Setiap mobil memiliki perbedaan dalam usia penggunaan, misalnya saja kampas kopling pada mobil matic memang cenderung lebih cepat habis jika anda membandingkannya dengan kampas kopling pada mobil manual.

Kampas kopling mobil matic memang cenderung lebih cepat habis dibandingkan dengan kampas kopling mobil manual. Hal ini dikarenakan mobil matic menggunakan transmisi yang serba otomatis. Namun sayangnya banyak pemilik mobil kurang memperhatikan kondisi kampas koplingnya. Selain itu anda wajib memahami komponen kopling mekanik sebagai patokan sebelum anda mempelajari lebih dalam komponen kopling matic.

Penyebab kampas kopling mobil cepat habis ini dapat dikarenakan sistem transmisi matic yang memang cenderung otomatis, sehingga pengendara terkadang kurang memperhatikan bagaimana kondisi kampas kopling mobil. Padahal jika mobil terus dikendarai ketika kampas mulai habis akan menyebabkan kerusakan merembet apda komponen lainnya bahkan memicu resiko kecelakaan saat dikendarai. Untuk itu lah pentingnya mengetahui ciri kampas kopling mobil matic habis sehingga anda dapat segera mengatasinya.

 

  1. Hentakan Ketika Mengoper Gigi

Ciri-ciri pertama yang dapat anda rasakan adalah ketika muncul rasa tidak enak ketika sedang mengoper gigi, hal ini dapat dikatakan sebagai gejala awal kampas kopling pada mobil matic yang mulai habis. Sehingga anda harus peka dengan kondisi perubahan seperti ini pada mobil anda. Pada beberapa kasus biasanya hentakan seperti ini masih wajar-wajar saja terjadi, namun jika hentakan yang dirasakan sudah tidak normal maka anda patus mencurigai hal tersebut.

 

Kerusakan ini biasanya disebabkan karena kerusakan pada bagian sistem elektronis ataupun mekanisnya. Kerusakan ini dapat dideteksi dengan menggunakan socket OBD yang ada pada engine scanner. Kerusakan ini biasanya merupakan kebocoran pada selenois pressure yang menyebabkan oli transmisi tidak dapat bekerja dengan baik ketika perpindahan gigi hingga menyebabkan hentakan saat perpindahan gigi.

 

  1. Getaran Keras Pada Mobil

Getaran yang terjadi pada mobil ketika digunakan sebenarnya merupakan hal yang wajar-wajar saja terjadi, namun jika getaran yang anda rasakan cukup keras bahkan sangat menggangu maka hal ini menandakan jika terjadi kerusakan pada komponen mobil anda, salah satunya yaitu kampas kopling mobil yang sudah tipis. Kondisi pada lapisan luar kampas yang sudah tidak rata menjadi fakor utama penyebab gesekan-gesekan tersebut terjadi sehingga kampas kopling mulai terkikis perlahan. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan kampas kopling mobil menjadi cepat habis.

 

  1. Akselerasi Mesin Melemah

Ciri-ciri lainnya adalah adalah akselerasi mobil mulai melemah dan menyebabkan berkendara akan terganggu. Kampas kopling mobil yang habis dapat membuat power mobil yang berasal dari mesin menjadi menurun dan membuat akselerasi mobil menjadi melemah. Namun kerusakan ini tidak akan berpengaruh pada top spedd pada mobil anda. Hanya saja butuh waktu yang agak lama untuk bisa mencapai kecepatan yang diinginkan. Jika kondisi ini sudah terjadi pada mobil anda, maka segera ganti kampas kopling mobil anda.

Baca juga : Agar rem mobil kamu tetap pakem lakukan hal ini

  1. Selip Pada Kopling

Selip apda kopling mobil menjadi salah satu ciri kampas kopling mobil matic habis dan mulai menipis. Sehingga menyebabkan ketidaknyamanan ketika anda sedang berkendara. Namun meskipun begitu penyebab selip pada kopling juga dapat disebabkan karena kondisi oli yang sudah perlu untuk diganti. Sehingga untuk memastikannya penting untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

 

  1. Putaran Mesin Semakin Tinggi

Merasa putaran mesin semakin tinggi? Mungkin hal ini disebbakan karena akselerasi mobil yang menurun sebagai akibat dari kampas kopling yang mulai licin. Sehingga meskipun dalam kondisi speed yang normal, maka putaran mesin tetap akan menjadi tinggi. Untuk itu jangan hanya membiarkan kondisi kendaran anda seperti ini dan segera ganti kampas kopling mobil dengan yang baru.

 

  1. Starter Menjadi Ngelos

Ketika anda mulai menyalakan mobil, maka akan terasa jika starter mulai ringan atau ngelos. Ini bisa menjadi pertanda awal jika kampas kopling mobil sudah mulai tipis. Bahkan terkadnag tidak hanya terasa ngelos, hal ini juga menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter dan dijalankan.

 

  1. Munculnya Bau Hangus Ketika Dikendarai

Jika anda mencium bau hangus ketika sedang mengendarai mobil, maka jangan anggap jika kondisi ini hal yang biasa terjadi. Ini bisa menjadi pertanda jika terjadi kerusakan pada mobil matic anda, dan salah satunya dikarenakan kampas kopling mobil yang mulai menipis. Bau yang tercium biasanya seperti bau karet yang terbakar.

 

  1. Tenaga Mesin Menjadi Semakin Berkurang

Saat anda memacu kecepatan mobil matic, namun terasa sangat lamban dan kurang bertenaga, mungkin saja hal tersebut diakibatkan karena kondisi kampas kopling sudah mulai habis. Selain itu kenali penyebab mobil matic tidak bertenaga agar bisa memudahkan anda jika terjadi masalah serupa.

Anda bisa mencoba untuk menerapkan gigi paling tinggi, kemudian menahan gasnya dan secara perlahan mulai injak gas. Jika anda merasakan kondisi kenaikan yang pas, maka sudah dipastikan kondisi kampas koplingnya masih baik. Namun jika tingkat kenaikannya lamban, maka peluang besar kampas kopling habis memang benar adanya.

 

Jika gejala-gejala diatas sudah anda rasakan pada mobil matic anda, maka jangan hanya membiarkannya begitu saja. Segera lakukan penggantian kampas kopling mobil sehingga kerusakan tidak merembet pad akomponen mobil lainnya. Untuk mengganti kampas kopling mobil ini sebenarnya tidak perlu membawanya ke bengkel, anda bisa mengetahui cara ganti kampas kopling mobil sendiri. Tentu saja hal ini akan lebih menghemat pengeluaran anda dibandingkan dengan membawanya ke bengkel.

Selain itu jangan lupa untuk mengetahui cara merawat mobil matic baru, sehingga kondisi mobil anda selalu terawat dengan baik dan awet digunakan. Nah itu tadi penjelasan mengenai ciri kampas kopling mobil matic habis dan cara mengatasinya yang perlu anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Boleh Komen , Boleh Tanya - tanya

comments